Donor Darah Awali Peringatan HUT Pramuka ke-59

By Anang Prasetyo 13 Agu 2020, 18:59:32 WIB Kegiatan
Donor Darah Awali Peringatan HUT Pramuka ke-59

Keterangan Gambar : Ketua Kwartir Cabang Purworejo, Kak Drs. H. Pram Prasetya Achmad, M. M, beserta Sekretaris Kwartir Cabang Purworejo, Kak Hj. Piyani, S. Pd sedang donor darah.


Donor darah menjadi kegiatan untuk mengawali peringatan HUT Pramuka ke-59. Aksi donor darah ini dilaksanakan serentak se-kwartir daerah Jawa Tengah pada tahun ini. Target pendonor 50 orang yang terdiri dari anggota pramuka, kakak ambalan di kwarcab, dan masyarakat. Tak hanya donor darah, HUT Pramuka ke-59 Kabupaten Purworejo juga melaksanakan renovasi sanggar bakti, ziarah, dan anjangsana para tokoh pramuka.
Donor darah dinilai sebagai upaya gerakan pramuka untuk membantu sesama. “Donor darah  di momentum pramuka ini sebagai upaya kita untuk membangun semangat nasionalisme dengan solidaritas sosial” terang Drs Pram Prasetya Ahmad, Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Purworejo. 
Donor darah juga bagian dari signifikansi masyarakat untuk membangun kesehatan bangsa. Aspek kepramukaan terkandung dalam aksi donor darah, yaitu aspek ketulusan dan sukarela. “Di dalam kegiatan ini ada prinsip pramuka seperti ketulus-ikhlasan, kerelaan, dan untuk berkorban untuk kepentingan bangsa negara” imbuh Pram pada Donor Darah, Rabu (12/8) di PMI Purworejo.
Kendala donor darah saat ini adalah masih takutnya masyarakat untuk datang dan melakukan donor darah di masa pandemi. Arbaah Mintaraga, ketua pelaksana kegiatan ini berharap pramuka Purworejo terus peduli dengan persedian stok darah, khususnya di masa pandemi yang pendonornya berkurang.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment